tllznZ4kflNNu95Oy5e9gMckCq4u8Wansm2SHbNL
Bookmark

Menaklukkan Teks Kompleks Dengan Lebih Mudah: Cara Menggunakan AI Untuk Merangkum Artikel , Makalah Penelitian Dengan Cepat

Makita mulai dengan menjelaskan tentang ChatGPT. ChatGPT adalah sebuah model bahasa canggih yang dikembangkan oleh OpenAI menggunakan teknologi Deep Learning. Model ini memiliki kemampuan untuk memahami dan menghasilkan teks dalam bahasa manusia dengan sangat baik.

Dalam merangkum teks, ChatGPT menggunakan teknik Natural Language Processing (NLP) dan Machine Learning. Prosesnya dimulai dengan memberikan teks yang ingin diringkas ke dalam model. Kemudian, ChatGPT akan menganalisis teks tersebut dan mencari informasi penting serta pola-pola yang terdapat dalam teks. Setelah itu, model akan menghasilkan ringkasan yang memuat informasi penting dari teks yang telah dianalisis.

Membaca buku, artikel, atau makalah penelitian adalah salah satu cara yang paling efektif untuk memperoleh informasi baru dan memperluas pengetahuan kita. Namun, seringkali teks-teks tersebut sangat panjang dan kompleks, sehingga membutuhkan waktu dan usaha yang besar untuk memahaminya sepenuhnya.

Kini, dengan bantuan ChatGPT, sebuah model bahasa canggih hasil pengembangan OpenAI, proses membaca dan memahami teks menjadi lebih mudah dan efisien. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menggunakan ChatGPT untuk merangkum teks dalam bentuk buku, artikel, atau makalah penelitian dengan mudah.

Meringkas bagian tertentu saja
Pertama-tama, pastikan Anda memiliki artikel, makalah, atau buku yang ingin Anda rangkum. Kemudian, buka browser Anda dan masuk ke situs chat.openai.com/chat. Jika akun anda belum ada , silakan lakukan pembuatan terlebih dahulu.

Langkah pertama dalam menggunakan ChatGPT adalah memecah teks menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian, masukkan setiap bagian ke dalam ChatGPT dan biarkan model bahasa ini menghasilkan ringkasan teks yang diinginkan.

Namun, agar hasil ringkasan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan, perlu diperhatikan beberapa hal. Pertama, pastikan pengaturan panjang dan spesifik yang dipilih sesuai dengan panjang teks dan detail informasi yang diinginkan dalam ringkasan. Kedua, lakukan beberapa percobaan untuk menemukan pengaturan yang paling optimal, dan terakhir pastikan hasil ringkasan yang dihasilkan sudah sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda.

Dalam proses merangkum teks dengan menggunakan ChatGPT, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Pertama, Anda bisa mendapatkan informasi penting dari teks dengan lebih cepat dan efisien. Kedua, hasil ringkasan yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pembaca. Terakhir, ChatGPT juga bisa membantu para peneliti untuk menyusun kesimpulan atau mendapatkan gagasan baru dari teks yang dibaca.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun ChatGPT sangat berguna dalam mempercepat dan memudahkan proses membaca dan memahami teks, hasil ringkasan yang dihasilkan belum tentu selalu akurat dan menyeluruh. Oleh karena itu, masih perlu dilakukan pengecekan dan evaluasi ulang terhadap hasil ringkasan yang dihasilkan oleh ChatGPT.

Langkah tercepat merangkum keseluruhan
Setelah masuk ke situs ChatGPT, ketikkan permintaan Anda di kotak chat. Ketikkan TLDR : diikuti dengan tautan ke artikel yang ingin Anda rangkum. TLDR singkatan dari "too long, didn't read". hasil yang akan di berikan dalam bahassa ingris namun jika teman-teman ingn bahasa indonesia bisa di lakukan translite setelahnya atau bisa menggunakan Kalimat perintah " Ringkas Artikel Berikut : " / Ringkas Artikel Ini :

Setelah mengetikkan permintaan, tempelkan URL artikel tersebut. ChatGPT akan mengetahui bahwa Anda meminta chatbot untuk memberikan ringkasan. Setelah itu, klik tombol kirim dan tunggu ChatGPT membuat ringkasan untuk Anda.
1 komentar

1 komentar

  • Ama Watsoniao
    Ama Watsoniao
    2 April 2024 pukul 05.47
    Reimagine sounds like an invitation to creativity and innovation! The name carries a sense of endless possibilities and transformation. I'm intrigued to discover what Reimagine has to offer—is it a platform, a project, or something entirely different? Whatever it may be, the name alone sparks excitement for exploring new ideas and pushing boundaries. Can't wait to see how Reimagine is reshaping the future!"
    Reply